Posted by: sutjipto | May 4, 2009

Prediksi Distribusi Kursi Senayan dari Dapil Jatim VIII (Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Madiun)

DAERAH pemilihan (dapil) Jatim VIII bagaikan terminal bagi beberapa politikus ke Senayan. Mereka datang untuk kembali ke Senayan. Empat incumbent berdinas lagi di gedung DPR. Mereka adalah Mindo Sianipar (PDIP), Guntur Sasono (Demokrat), Hayani Isman (Golkar), dan Ida Fauziyah (PKB).

”Medan perang” caleg yang meliputi wilayah Jombang, Mojokerto (kota dan kabupaten), Nganjuk, serta Madiun (kota dan kabupaten) bisa dibilang berbeda. Jika dapil lain banyak incumbent yang rontok, di sini sebagian yang lolos adalah muka lama.

Mindo Sianipar, misalnya. Secara personal perolehan suara, ketua DPP PDIP itu justru kalah dengan caleg lain, Sadarestuwati. Mindo berada di peringkat kedua peraih dukungan terbanyak dengan 59.620 suara namun tetap lolos.

Sadarestuwati mendapat suara terbanyak di PDIP dengan jumlah hampir dua kali lipat milik Mindo. Dia memperoleh dukungan 117.193 pemilih. Kemenangan Sadarestuwati benar-benar cukup menarik. Sebab, dia bukanlah fungsionaris partai. Kiprahnya di bidang politik juga tak sepanjang Mindo.

Meski bukan politikus tulen, Sadarestuwati punya bekal untuk meraup banyak suara. Dia merupakan adik kandung Bupati Jombang Suyanto. Selain itu, wanita tersebut menjabat sebagai ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jombang.

Dengan kondisi wilayah di dapil VIII yang agraris, Sadarestuwati sanggup mengalahkan perolehan suara Mindo. Bahkan, dia juga memberi kontribusi sehingga PDIP memenangi perolehan dukungan terbanyak di dapil VIII dengan 383.509 suara.

Caleg incumbent lain yang hampir pasti lolos adalah Guntur Sasono yang kini duduk di Komisi I DPR. Namun, nasib Guntur juga sama dengan koleganya di Senayan, Mindo. Meski bisa kembali jadi anggota dewan, perolehan suaranya kalah dengan caleg lain. Guntur berada di peringkat dua di partainya, Demokrat. Dia mendapat dukungan 41.567 suara. Dia kalah bersaing dengan Sutjipto yang memperoleh suara jauh lebih banyak, yakni 76.282.

Di dapil VIII, pertarungan antara PDIP dan Demokrat begitu seru. Keduanya finis di urutan pertama dan kedua dengan perbedaan suara yang sangat tipis. PDIP memperoleh 383.509 suara, sedangkan Demokrat 383.140 suara. Selisihnya hanya 369 suara.

Sementara itu, Golkar berada di peringkat ketiga dengan perolehan 199.520 suara. Calon incumbent dari partai itu, Hayani Isman, sangat mungkin lolos.

Peringkat keempat perolehan suara partai ditempati PKB. Partai bernomor 13 itu juga mengirimkan calon incumbent ke Senayan. Dia adalah Ida Fauziyah yang mendapat suara terbanyak di partainya, yakni 56.639.

Calon penghuni Senayan dari dapil VIII termasuk punya background beragam. Selain incumbent, ada artis Eko Patrio yang berkendaraan Partai Amanat Nasional (PAN). Kemenangan pelawak sekaligus presenter tersebut memang sudah diprediksi. Popularitas artis dengan nama lengkap Eko Hendro Purnomo itu mampu memikat banyak pemilih.

Lolosnya Eko disebut-sebut karena dia begitu rajin turun ke bawah. Selama masa kampanye, Eko beberapa kali tampil jadi jurkam (juru kampanye). Dia tak sekadar jual tampang dengan pasang baliho atau menyebar poster.

Di antara 10 kursi di dapil VIII, yang sembilan hampir dipastikan sudah terisi. Hanya satu kursi yang mungkin terjadi rotasi. Yakni, kursi kesepuluh. Dari sisi perolehan suara, calon dari PPP Hizbiyah Rochim berpeluang besar lolos karena partainya memperoleh 63.223 suara.

Namun, sisa suara PDIP juga cukup besar, yakni 61.667. Caleg yang memperoleh suara terbanyak ketiga di partai bernomor urut 28 tersebut adalah A. Eddy Susetyo. Dia juga berpeluang lolos ke Senayan.

”Menghitung siapa yang lolos untuk DPR tidak semudah DPRD kota dan kabupaten. Setelah tak memenuhi BPP, yang dihitung adalah partai yang suaranya 50 persen ke atas dari BPP,” jelas anggota KPU Jatim Nadjib Hamid.

”Jika masih ada kursi sisa lagi, seluruh suara dicari BPP baru,” imbuhnya. (fid/tof)

http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=66565


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: